Data, Ladang Minyak Baru

Pernahkah Anda mendengar quote, “data is the new oil“? Entah siapa yang memulai, pernyataan ini membuat gerakan baru dalam bisnis yang membuat ‘harga’ baru dalam mencari, memperoleh, mengumpulkan dan mengolah serta mempresentasikan data dengan membandingkannya dengan minyak. Gerakan baru ini membuat banyak perubahan dari bisnis dan teknis utamanya pengelolaan data menjadi minyak baru.

Data yang merupakan minyak baru ini menjadi medan baru yang diperebutkan dalam menguasai dunia informasi.

Mengelola Data dan Minyak

Walaupun disebut menggantikan, pengelolaan ternyata sangat berbeda. Eksplorasi data tidak serta merta dapat digunakan layaknya minyak yang bisa dijadikan bahan bakar. Tidak serta merta dapat dijual dan menghasilkan uang. Pengelolaan data memerlukan berbagai metode dan pengujian sesuai dengan jenis dan karakter data.

Namun hasil pengelolaan data dan ekstraksi data menghasilkan sebuah insight merupakan sebuah fungsi layaknya minyak yang bisa digunakan dalam setiap lini kebijakan organisasi. Bukan memberi efek langsung, namun menentukan arah bagaimana dan kemana bisnis akan berjalan.

Data Lake, Kilang Minyak Baru

Kilang minyak (oil refinery) adalah pabrik atau fasilitas industri yang sangat kompleks dengan berbagai jenis peralatan proses dan fasilitas pendukungnya untuk mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan. Demikian pula dalam pengelolaan data, diperlukan perangkat pendukung untuk menyimpan dan memproses data sehingga menjadi insight.

Data lake, bila diartikan: danau data, merupakan perangkat pengelolaan data yang memfasilitasi pengumpulan dan pemrosesan data. Di sini-lah letak perbedaan proses ekstraksi data dengan minyak, bila minyak ekstraksi merupakan proses hulu pada data ekstraksi terletak pada hilir. Dalam data lake terdapat berbagai fasilitas algoritma yang bisa dipakai dalam mengolah data sehingga proses ekstraksi menjadi insight dapat optimal.

Pada beberapa organisasi fasilitas penyimpanan dan pemrosesan ini mungkin berbeda, bukan berupa standar umum.

Ekstraksi Data Mentah dan Minyak Mentah

Mengelola minyak mentah menjadi bahan bakar dilakukan melalui penyulingan. Penyulingan atau distilasi adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, minyak mentah dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan berupa bahan bakar yang berbeda-beda.

Data mentah dikelola dan diubah menjadi insight dengan berbagai metode yang sering disebut ekstrasi data dengan berbagai teknik, salah satunya adalah visualisasi. Tentunya dengan melihat visualisasi berupa grafik yang tepat akan membuat data lebih mudah disampaikan dan diterima. Penggunaan yang kurang tepat bisa membuat arah pembicaraan/penyampaian dan penerimaan yang tidak sama.

Distribusi Data dan Minyak

Distribusi data dan minyak memiliki kemiripan dalam beberapa hal, tetapi ada juga perbedaan penting di antara keduanya. Baik data maupun minyak adalah sumber daya berharga dan penting yang didistribusikan secara global, dan produksi serta konsumsinya dapat memiliki dampak ekonomi dan lingkungan yang signifikan. Namun, distribusi data dan minyak dapat berbeda dalam hal geografi, skala, dan kompleksitasnya.

Pertama mengenai distribusi, data didistribusikan dan dikonsumsi secara digital, melalui jaringan dan perangkat, sedangkan minyak biasanya didistribusikan dan dikonsumsi melalui infrastruktur fisik, seperti jaringan pipa dan kilang. Kedua dalam hal transmisi dan konsumsi data, data didistribusikan dan dikonsumsi dalam skala yang jauh lebih besar daripada minyak, karena dalam prosesnya direplikasi dan ditransmisikan real-time dan dengan biaya jauh lebih murah. Selain itu dalam hal kompleksitas, distribusi data dapat menjadi lebih kompleks daripada distribusi minyak, karena data dapat berasal dari berbagai sumber dan diproses serta dianalisis dengan berbagai cara.

Akhirnya, Minyak Baru

Secara keseluruhan, meskipun terdapat beberapa kesamaan antara distribusi data dan minyak, ada juga perbedaan penting yang mencerminkan karakteristik unik dari setiap sumber daya. Data yang merupakan minyak baru ini menjadi medan baru yang diperebutkan dalam menguasai dunia.

Cepat atau lambat, semua akan bersaing demi piti.

Leave a Reply